"7 Tanda" yang Sering Diabaikan Wanita Ini Ternyata Menunjukkan Penuaan Dini! #5 Hati-Hati dengan Rambut Rontok!

Kebanyakan wanita tidak suka dengan pertambahan usia, karena secara tidak langsung hal itu juga berarti bahwa mereka semakin tua dan kecantikan mereka juga memudar. Berbicara mengenai kecantikan, setiap wanita pasti selalu ingin kecantikannya tetap bertahan seperti ketika mereka remaja dulu. Namun, walau bagaimanapun, penuaan adalah hal yang tidak dapat dihindari. Lalu, kira-kira apa sajakah tanda yang menunjukkan bahwa tubuh seorang wanita semakin menua?

1. Hidung menjadi lebih besar
Pada usia 20-40 tahun, hidung mencapai puncak keindahannya. Namun, setelah usia 40 tahun, seiring dengan semakin menuanya tubuh, tulang hidung pun mulai menyusut sehingga jaringan lunak pada hidung tidak memiliki tumpuan yang kuat dan pada akhirnya akan menurun serta melebar.

2. Jantung berdetak lebih cepat
Beberapa tahun sebelumnya, meski berolahraga cukup lama, mungkin detak jantung dan nafas masih tetap teratur. Tapi sekarang, hanya naik tangga saja, jantung langsung berdetak cepat, sehingga terpaksa harus berhenti dan beristirahat untuk sementara waktu. Semua ini adalah tanda bahwa jantung semakin lemah dan otot mengalami penuaan.

3. Menopause
Tekanan hidup yang terlampau besar bisa membuat wanita mengalami menopause lebih awal. Survei menunjukkan bahwa 27% dari wanita karir berusia 30-an mengalami tanda-tanda menopause dini seperti kelelahan mental dan fisik, berat badan naik, lekas marah, insomnia, kulit kering, serta gangguan menstruasi.

4. Daya ingat menurun
Dalam keadaan normal, penurunan daya ingat ditandai dengan mudah melupakan hal-hal yang baru saja terjadi, sedangkan hal-hal yang sudah lama terjadi malah dapat diingat dengan sangat jelas.

5. Rambut rontok
Usia tidak lagi menjamin apakah tubuh seorang wanita masih muda atau malah sudah tua. Sebuah survei terhadap lebih dari 10.000 wanita menunjukkan bahwa 60% dari mereka mengalami kerontokan rambut sejak usia 25 tahun dan proporsi kerontokan rambut sebelum usia 30 juga tinggi. Jika tanda ini sudah mulai dirasakan, maka sebaiknya melakukan evaluasi terhadap kondisi kesehatan untuk mencegah penuaan dini.

6. Kantung mata
Kantung mata dan keriput adalah salah satu tanda awal bahwa manusia mengalami penuaan. Munculnya kantung mata pada setiap orang bisa berbeda satu sama lain, tapi kebanyakan akan terjadi ketika usia menginjak 45 tahun. Kantung mata tentu saja berdampak besar pada penampilan.

Sponsored Ad

7. Penurunan fungsi paru-paru
Mudah ngos-ngosan meski hanya melakukan aktivitas sehari-hari yang ringan juga menunjukkan bahwa tubuh mengalami penuaan. Di titik ini, otot yang mengendalikan fungsi pernafasan mulai melemah sehingga fungsi paru-paru pun menurun.


Apakah ada yang bisa dilakukan untuk mencegah penuaan dini?

1. Kacang kenari
Kacang kenari mengandung nutrisi yang sangat lengkap. Meskipun mengandung asam lemak, tapi kacang kenari malah bisa membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Selain asam lemak yang melimpah, kacang kenari juga mengandung polifenol, protein, dan vitamin E yang dapat membantu mencegah penuaan dini serta menutrisi otak.

2. Yoga
Seiring bertambahnya usia, tubuh akan menjadi kaku dan tidak lagi fleksibel. Tapi, melalui latihan yoga, fleksibilitas dan keseimbangan tubuh dapat tetap terjaga. Selain itu, yoga juga dapat meningkatkan kemampuan atletik, menjaga tulang belakang tetap fleksibel, memperlambat penuaan berbagai organ, menjaga vitalitas, dan mengurangi kemungkinan cedera yang tidak disengaja.

3. Secangkir air panas ditambah irisan lemon segar di pagi hari
Minum secangkir air panas dengan irisan lemon segar di pagi hari dalam kondisi perut kosong bisa memberikan efek detoksifikasi. Bukan hanya sebagai penetral yang baik, lemon juga bisa membersihkan kotoran dan menghilangkan racun. Selain itu, lemon juga bisa membantu mengatasi masalah bau mulut.

4. Vitamin C dan Vitamin E
Vitamin C dan vitamin E adalah antioksidan kuat yang mencegah agar asam lemak tak jenuh ganda dalam membran sel tidak rusak oleh radikal bebas, sehingga penuaan sel bisa dicegah. Makanan yang kaya vitamin C antara lain jeruk, jambu biji, pepaya, mangga, dan kiwi. Sedangkan makanan yang kaya vitamin E antara lain sayuran hijau, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

5. Selenium
Selenium memiliki efek antioksidan yang lebih kuat dan bahkan dikenal sebagai "bintang anti-penuaan". The Chinese Nutrition Society merekomendasikan asupan harian 50 mikrogram selenium, sedangkan orang tua, 80-00 mikrogram per hari. Makanan yang kaya selenium antara lain bawang putih, jamur, makanan laut, kuning telur, gandum, wijen, dan sereal.

Sponsored Ad

6. Kebiasaan
Untuk menjaga kesehatan tubuh, kebiasaan berikut ini juga sangatlah berpengaruh, yaitu tidak tidur larut malam, cukup minum air putih, berolahraga untuk menjaga bentuk tubuh, makan makanan yang bernutrisi lengkap dan seimbang, serta senantiasa menjaga pikiran tetap optimis.


Sumber: ray88